Saturday, September 14, 2013

Tips Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector



belajar komputer
Tips Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector | Apakah hardisk bad sector masih bisa diperbaiki ? Ya tergantung kerusakannya. Dapatkah kita benar-benar memperbaiki Bad Sector? Sebelum mencari jawaban pertanyaan ini, Anda harus menemukan beberapa informasi tentang apa itu hard disk, bagaimana cara hard disk dan apa itu bad sector. Setelah itu Anda harus mengidentifikasi bad sector ini karena Anda akan memerlukan lokasi yang tepat dari sektor terpengaruh.

Tips Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector
Tips Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector
Bad Sector atau bad block adalah istilah teknis yang digunakan menggambarkan sebuah area pada hard disk yang rusak. Bad sector secara fisik terjadi karena adanya kerusakan pada bagian hardware plate hardisk yang bisa terjadi karena hardisk terkena debu, hardisk terjatuh, terkena benturan keras dan sebagainya. Sedangkan bad sector secara software bisa terjadi ketika hardisk sedang beroperasi kmusidan tiba-tiba komputer / laptop mati, misalnya karena mati listrik. Bila kerusakan ini disebabkan oleh hardware misalnya gesekan yang terjadi pada piringan hard disk maka ini tidak dapat diperbaiki. Namun bila kerusakannya disebabkan oleh software yang diinstall maka masih bisa diperbaiki.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Program Windows


Secara internal sebenarnya windows memiliki tools sederhana yang include dalam sistem operasi windows. Caranya adalah:
  • Double-click pada [My Computer] untuk membuka jendela baru.
  • Pilih disk yang akan anda diagnose dan repair.
  • Klik kanan pada disk/drive tersebut dan pilih [Properties].
  • Pilih tab [Tools].
  • Klik pada tombol [Check Now] dibawah Error Checking Status.
  • Tergantung pada versi Windows Anda, pilih salah satu [Thorough] atau [Scan for and Attempt Recovery of Bad Sectors]
  • Klik [Start] dan tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah selesai, sebaiknya anda restart komputer.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Beberapa Tools

Ada beberapa tools aplikasi yang dapat kita gunakan untuk memperbaiki bad sector hardisk yang rusak secara software. Pada artikel ini saya hanya memperkenalkan tools-nya dan silahkan anda pelajari cara penggunaannya. Tool yang dimaksuda yaitu:

HDD LLF Low Level Format Tool

Sebelum menggunakan tool HDD LLF Low Level Format Tool ini pastikan data yang diperlukan di-backup terlebih dahulu. Hal ini karena tool bersangkutan akan membersihkan data-data yang sangat pribadi atau rahasia secara permanen. Progam Low level format adalah tool yang berfungsi untuk menghapus seluruh informasi baik partisi, data didalam hardisk serta informasi bad sector pada bagian yang rusak. Setelah menjalankan tools ini maka kondisi hardisk akan benar-benar bersih seperti kondisi pertama kali digunakan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan HDD Low Level Format Tool:

  • Download program HDD Low Level Format di http://hddguru.com/software/HDD-LLF-Low-Level-Format-Tool/
  • Install dan jalankan program HDD Low Level Format tools sehingga muncul tampilan seperti dibawah :
  • Pilih hardisk yang akan di-format, kemudian klik [Continue].
  • Klik tab [LOW-LEVEL FORMAT] lalu klik [FORMAT THIS DEVICE]
  • Tunggu hingga proses selesai, biasanya prosesnya akan memakan waktu cukup lama jadi silahkan gelar tikar dan minum kopi. HDD Low Level Format Tool selain untuk hardisk (SATA, IDE atau SCSI), bisa juga untuk memformat Flashdisk, Flash Card dkk.

Bad Block Recovery Softwares dari Vendor Hardisk

Beberapa vendor hardisk mengeluarkan software / tool diagnostic untuk melakukan analisa dan maintenance hardisk, seperti :
  • Fujitsu IDE Low level Format Utility. Software untuk memperbaiki hardisk bad sektor dari Fujitsu, dapat di download di: www.fujitsu-europe.com/support/disk/software/erase.zip
  • Seagate’s Seatools for Windows dan Seagate’s Seatools for DOS. Diagnostic Tools dari Seagate yang dapat digunakan untuk hardisk merek Seagate, Maxtor ataupun hardisk dari vendor lain, dapat di download di: http://www.seagate.com/www/en-us/support/downloads.
  • Western Digital Data Lifeguard Diagnostics. Merupakan tools untuk maintenance dan repair hardisk, khusus untuk Hardisk dari Western Digital dapat Anda download di: http://www.softpedia.com/get/System/Hard-Disk-Utils/Western-Digital-DLG-Diagnostics.shtml
Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai artikel Tips Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector dan segala macam kerusakan komputer, laptop dan jaringan, silahkan >>KLIK DISINI<<

Demikianlah Tips Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector semoga dapat mengatasi kerusakan bad sector pada hardisk anda.
Title: Tips Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

1 comment: